investasi SDM: investasi sepanjang masa

Pernahkah organisasi atau perusahaan Anda melakukan survei menanyakan kepada para karyawannya “apakah Anda senang bekerja disini?” “Seberapa senang Anda bekerja disini?Are you happy or not?

Isu tentang sumber daya manusia dalam suatu organisasi seakan tidak pernah mati, bahkan semakin berkembang seiring dengan perkembangan organisasi itu sendiri. Selain itu, manusia adalah sumber daya yang unik, dinamis, dan tidak mudah ditiru. Lain halnya dengan teknologi, mesin, maupun perangkat lain akan mengalami penurunan performa seiring dengan pemakaian yang terus menerus. Namun, manusia seiring dengan penambahan “jam terbang” akan semakin mumpuni dan matang keahliannya. Yup! Repetition is the mother of skills..

Setelah kesadaran akan pentingnya manusia dalam sebuah organisasi, selanjutnya investasi pada sumber daya manusia menjadi pilihan logis yang tak dapat ditawar lagi, agar organisasi memiliki daya saing yang sustainable. Organisasi harus melakukan eksplorasi bagaimana treatment yang paling optimal – dengan sumber daya yang dimiliki – sehingga manusia dapat menjadi lokomotif dalam pencapaian tujuan organisasi.

Lalu apakah yang seharusnya menjadi perhatian para pimpinan dalam pengembangan sumber daya manusia-nya? Dari beberapa literatur ada tiga hal yang dapat menjadi perhatian organisasi yaitu kesehatan, pendidikan, dan pelatihan kerja. Jika kita melihat ketiga hal tersebut kita dapat melihat sebuah perusahaan fenomenal seperti Google dalam perhatiannya terhadap manusia-nya.

Kesehatan, menjadi salah satu faktor penting yang utama agar para karyawan dapat bekerja dengan baik. Jam istirahat, fasilitas olahraga, menu makanan yang menyehatkan, bahkan Google menyediakan tempat khusus kepada para ibu menyusui (nursery room) agar para ibu dapat tetap bekerja dengan baik dan tetap fokus pada pekerjaannya. Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan psikis juga tak kalah penting; bagaimana menjaga karyawan tetap happy dalam bekerja.

Pendidikan, pernahkah Anda berpikir bahwa ketika seseorang menempuh pendidikan akan terjadi akumulasi ilmu pengetahuan dan pengembangan pola pikir yang semakin maju?? Karena dalam dunia kerja pengembangan pola pikir yang semakin maju akan sangat membantu seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya yang luar biasa..

Pelatihan kerja, jika pendidikan lebih ke arah perbaikan pola pikir maka pelatihan akan terfokus pada pengembangan keahlian atau kompetensi seseorang. Seberapa seringkah perusahaan Anda mengirimkan Anda mengikuti pelatihan kerja? Atau kapan terakhir Anda mengikuti pelatihan?

Jika kepentingan para manusia-nya (baca: karyawan) sudah terpenuhi dengan baik maka para manusia tersebut akan dengan sangat bangga mengatakan “saya senang bekerja disini” atau “saya senang menjadi bagian dari keluarga besar perusahaan ini”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s